WordPress: 5 Plugin Yang Harus Di Install

Hai sobat semua, mengawali tulisan di blog ini mas Hamam mau ngasih tips sederhana buat blog yang baru kamu buat.

Untuk mentweak blogmu akan lebih friendly, baik performanya dan memudahkan kamu dalam mengendalikannya, kamu perlu menginstall beberapa plugin.

Nah ini dalah plugin wajib bagi kamu yang baru saja membangun blog wordpress:

  1. Jetpack

Jetpack adalah plugin yang didalamnya terdapat berbagai macam fungsi yang menarik dan sangat fungsional. Plugin buatan tim WordPress ini memang plugin wajib nomer 1 bagi setiap blogger.

Beberapa fiturnya adalah:

  • WordPress Stats: Fungsi yang sangat fungsional untuk memonitor jumlah visitor, minat genre bacaan pengunjung.
  • Jetpack Komentar: Sejujurnya ini fitur yang sangat membantu mas hamam menghentikan aksi spammer di kolom komentar. Jadi walau Tim WordPress punya plugin Aksimet sang penangkal spammer si Mas lebih suka ini. Fungsi sebenernya sih bukan untuk menangkal spam, tapi sama seperti Disqus.
  • Photon: Fitur CDN milik WordPress yang fungsinya mempercepat loading foto-foto milik kita. Mengingat CDN wordpress menggunakan server internasional hingga cepat aksesnya diberbagai belahan dunia.
  • Sharing: Tanpa plugin tambahan lagi, plugin Jetpack sudah mengemas fitur ini, yakni berbagi postingan otomatis keberbagai media sosial, Facebook, Twitter, Tumblr, Path, Linkedin dan Google Plus. Disediakan juga tombol sharing manual bagi pengunjung yang tertarik untuk berbagi.
  • Related Post: Fungsi ini juga sudah dikemas dengan baik di Jetpack.
  • Mobile Theme: Jika kamu mengaktifkan ini, maka tampilan mobile blog kamu sama dengan tampilan blog wordpress.com.
  • Dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

2. Yoast SEO

Yoast SEO adalah aplikasi terbaik yang pernah saya miliki, selain itu juga plugin ini full free, ada hanya diminta membaya jika subscribe jasa support mereka mengajari kamu cara mengeksplorasi plugin SEO ini. Ada lagi aplikasi SEO yang mas suka dan terbukti sangat ampuh, yaitu Attracta namun sayangnya, hanya tersedia di addon cpanel. Attracta merupakan aplikasi SEO yang sangat luar biasa bagi saya. Mas sarankan ketika mencari webhosting, carilah yang cpanelnya ada fitur Attracta.

3. WP Clean Up

Plugin satu ini juga wajib kamu miliki, tugasnya jadi OfficeBoy bagi wordpressmu yang semakin lama semakin banyak menyampah. Clean and Optimize your database.

4. WP Super Cache

Salah satu trik agar blog kamu meload lebih cepat, ringan dan gesit adalah dengan mencache page agar bila halaman sudah dikunjungi tidak perlu lagi meload ulang. Nah Tugas WP Super Cache adalah demikian, kelebihannya dibanding dengan pugin serupa adalah antarmuka dan konfigurasinya yang lebih simpel.

5.TinyMCE Advanced

Plugin ini sangat fungsional bagi kamu yang menginginkan fitur lebih pada text editor, sehingga berkat plugin ini text editor pada wordpress kamu memiliki fitur yang sama dengan dokumen editor seperti Microsoft office, Libre office atau yang lainnya. Seperti: megganti font dengan google font, sizenya, Page break (membagi 1 tulisan dalam satu postingan menjadi beberapa page.

TinyMCE-advanced
@TinyMCE advanced, -Settings> TinyMCE Advenced
TinyMCE pada wordpress editor
TinyMCE pada wordpress editor

 

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.

Comments are closed.