Plugin Plugin Wajib Untuk WordPressmu

Beberapa hari kemarin mas sudah bikin postingan tentang “plugin-plugin yang harus kamu install”Kali ini mas akan menulis tentang tema yang sama dan judul yang mirip tapi dengan perubahan kontennya.

Plugin ini lebih bersifat mendasar yang memang perlu kamu prioritaskan.

1. Jetpack

Jetpack memang sudah jadi tool wajib wordpress kamu, 1 plugin ini mempunyai sudah mencakup puluhan fungsi. Jadi satu plugin ini saja, fungsinya sudah seperti 10 plugin, artinya? Artinya bentuk penghematan space, bandwith dan meringankan beban resource WordPress.

2. Keamanan: Wordfence Security

Menggunakan WordPress memang tantangan terutama kalau website atau blog kamu popularitasnya sudah bikin penasaran penjahat cyber. Percobaan hacking/ DDos akan terjadi kapan saja. Nah untuk keamanan plugin ini bisa jadi asisten yang bisa diandalkan layaknya antivirus di PC kamu bahkan kalo websitemu sudah terinfeksi sekalipun.

Download sini

 

3. WordPress Optimizer

WordPress perlu perawatanmu juga, misal membersihkan sampah cache, menghapus revisi postinganmu yang sudah kadaluarsa. Ada dua plugin yang mas rekomendasikan keduanya sama-sama bagus dan mempunyai fungsi dan fitur yang sama.

WP Optimize WP Clean Up

 

4. Cache

Yang ini bertugas untuk untuk mempercepat loading blogmu kalo kamu sudah merasakan  penurunan performanya. Ada banyak sebab kenapa blog kamu melambat, diantaranya semakin bertambahnya konten blog atau semakin besar jumlah kunjungannya. Untuk mengatasi masalah ini, bisa kamu siasati dengan mengaktifkan cache. Dengan aktifnya penyimpanan cache, pengunjung tak perlu melakukan download page per klik, jadi akan hemat bandwith.

Ada beberapa plugin yang mas rekomendasikan:

WP Fastest Cache

 

WP Fastest Cache, diklaim punya fitur dan hasil pencachean yang lebih baik dari plugin-plugin cache populer seperti W3 Total Cache dan WP Super Cache milik official WordPress. Entah benar atau cuma klaim sepihak, mas sekarang lagi pakai plugin ini. Konfigurasinya tidak terlalu ribet tapi juga tidak juga simpel.

W3 Total Cache

 

Yang paling mas suka dari plugin ini adalah sangat advenced, bila kamu sudah mahir pengkonfigurasiannya, maka kamu akan mendapatkan performanya melebihi WP Fastest Cache, cuma kekurangannya kalau kamu tipe orang yang nggak suka ribet, setting sana sini, pakai saja plugin lain.

WP Super Cache

 

Plugin buatan Automattic a.k.a WordPress ini memang perlu diacungi jempol, sangat praktis dan tidak banyak settingan. kamu hanya perlu mengaktifkan tombol “Enable” otomatis pluginnya menjalankan tugasnya. Cuma dalam hal fitur, WP Super Cache tidak bisa menyamai 2 plugin diatas.

5. SEO

Ini terhitung penting juga bagi kita para blogger yang ingin popularitas atau konten blog kita bisa dipetik manfaatnya. Apa fungsinya? fungsinya agar blog kita beserta kontennya mudah diindex/ ditemukan sistem pencari seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex, Ask dll.

Ada banyak plugin bagus. Namun cukup satu saja mas Hamam kasih kamu rekomendasi.

YOAST SEO

 

Jujur saja, yang mas suka dari plugin ini, pak Yoast merilisnya cuma-cuma secara keseluruhan tanpa perlu jadi member premium untuk mendapat fitur lebih, pak Yoast hanya menyediakan premium pada supportnya, misal: support konsultasi tentang seo, atau langsung menggunakan jasa pak Yoast untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog klien premium. Juga, dengan Yoast kamu ada beberapa fitur pelengkap yang belum tentu ada plugin: Breadcumb, Google webmaster, Bing webmaster, Yandex webmaster, Pinterest webmaster, fitur untuk menghapus kata “category” dalam sebuah link ex: https://mashamam.com/category/internet/ jadi https://mashamam.com/internet/ dan beberapa lagi yang bisa kamu gali sendiri.

 

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.