Review: ROM CyanogenMod 12.1 Stable Untuk Mi4i

Menarik, sudah agak lama ngebet pengen nyoba rom CyanogenMod di Mi4i, beberapa kali nyoba tapi saat proses selalu gagal. Nah kali ini saya berhasil install CyanogenMod di perangkat Mi4i meski dengan cara yang paling extrim versi saya. Nah bagaimana caranya? apa kesan dan interfacenya di mi4i? Dan yang terpenting bagaimana kinerjanya?

Tutorial

  1. Kunjungi halaman aslinya dulu untuk baca berbagai hal: 
  2. Download ROM CM 12.1

 

3. Root hapenya

4. Copy file rom berupa .zip ke hape kamu

5. Install Twrp via Mi4i Toolkit 4 bisa cari di google tutorialnya.

6. Wipe dalvik, cache dan data/ factory reset. Tapi menurut diskusi di forum mi4i Indonesia untuk Miui7 itu tidak bisa dilakukan alhasil gagal install, jadi kalo versi saya, full wipe alias wipe cache, dalvik, data, system dan internal  😛

7. Flash ROM

8. Flash Google App Store  GAPPS Download

9. Reboot dan nikmatilah…

Highlight:

Work everything

No random reboots/shutdowns

Clash of Clans working awesome

Compiled with Uber toolchain for better performance

Sensors working out of the box (no need to flash sensor patch)

Hardware double tap to wake

Stock kernel with patches from @intersectRaven for better performance (really loved his work)

Performance

Bicarakan soal performa, sebenernya CyanogenMod cukup smooth berjalan di Mi4i, Multitasking juga berjalan mulus, bahkan sepertinya terasa lebih mantap ketimbang Miyuwai, meski demikian tetap tidak bisa menyembunyikan lag saat digunakan multitasking.

Agak aneh, ketika kita ujikan dengan Antutu benchmark, nilainya merosot hingga 21 ribuan dibanding dengan MIUI yang meraih sekor 33-40 ribu, namun ketika di uji coba via Geekbech 3, sekornya tidak begitu jauh. Baca reviewnya pada halaman ini: Review: Seminggu Bersama Mi4i Bekas

Kamera

Hasil kameranya pada rom ini cukup disayangkan, karena nggak sebagus di MIUI, ketika saya bidik dalam ruangan yang agak minim cahaya hasilnya masih meniggalkan noise agak banyak hingga hasilnya tidak sedap. Berbeda dengan hasil bidikan out door hasilnya tetep berkilauan penuh gairah, dengan kamera 13 MP mi4i menunjukkan kelasnya.

Untuk kemera depan, sepertinya nggak ada masalah.

Hasil photo:

wp-1453517996574.jpg

wp-1453517151250.jpg

Screenshot

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.

5 thoughts on “Review: ROM CyanogenMod 12.1 Stable Untuk Mi4i

  1. Wah udah stable ya? kmaren2 sempet nyoba tapi ga sreg sama camera dan masih banyak bug jadinya balik lagi ke stock, untuk yang ga terlalu penting di camera bisa make CM12.1 , tapi untuk yang lebih memilih camera mending ttp di stock rom aja 🙂

    1. Pastikan langkah awalnya tepat gan, kalau sebelumnya pakai miui, install dulu TWRP >> kemudian clear sistem operasinya via TWRP, restart masuk ke twrp baru install rom Cyanogenmod-nya.

    2. Dari beberapa tutorial mengharuskan menggunakan miui 6.6xx dulu sebelum menggunakan cyanogenmod. Kalau agan menggunakan MiUi 8 langsung ganti CM 12 kemungkinan bootloop akan sangat tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *