WP Statistics: Plugin Statistics WordPress Terbaik

Statistic memang sebuah fitur yang bukan paling penting, tapi ketika blog kita sudah mulai banyak jurnal dan artikelnya kadang statistic menjadi sangat penting gunanya, missal untuk mengetahui artikel macam apa yang diinginkan pengguna, seberapa besar kecendrungan pengunjung terhadap sebuah tema yang kita angkat, bias juga kita melihat statistic “kata kunci” yang berasal dari search engine semacam google, bing, yahoo, baidu dan Yandex, dari data tersebut kita bias meningkatkan konten yang lebih menarik dan pengunjung semakin ramai.

Sebenarnya WordPress sudah menyertakan plugin statistic melalui Jetpack, namun kadang kita ingin mendapat informasi yang lebih akurat dan detail sehingga statis dari Jetpack yang standarnya sudah cukup lengkap menjadi terasa kurang.

Melalui web http://wordpress.org/plugins lumayan banyak alternatifnya, tapi ada satu yang paling menarik, namanya WP STATISTICS dengan 200.000 active installer membuat image ini adalah plugin keren.

Yap, WP Statistics memang plugin statistic keren, lebih keren yang hebatnya dia full version, tanpa upgrade ke premium kita bias menikmati semuanya.

Berikut screenshotnya:

wp-statistic

WP Statistics, memiliki fitur yang sangat melimpah, khususnya di tab Overview data statistiknya sudah sangat lengkap:

Namun jika menginginkan informasi yang lebih detail bisa membuka tab bawahnya, berikut sebagian screenshotnya dari tab Browser:

Serta tab Hits, Refferal, Page, Online, Search, Search Word, Top Visitor Today, Visitor, Optimization, Settings dan jika kita belum memahami, WP Statistics menyediakan ebook manualnya dalam format .odt pada jendela Manual.

Silahkan mencoba…

 

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.

5 thoughts on “WP Statistics: Plugin Statistics WordPress Terbaik

  1. mau tanya nih…saya juga pake wp statistic. bagus memang…tapi kenapa ya hasil hitungannya berbeda jauh dengan analytics google? WP statistic menghitung ratusan sampai mencapai seribu, tapi analytics google cuma puluhan saja.

    terima kasih

    1. Wp Statistic sangat detail dalam menghitung jumlah kunjungan.

      Misal, ketika ada pengunjung yang hanya membuka halaman gambar http://blog.com/wp-content/gambar.jpg akan terhitung sebagai kunjungan.

      Termasuk juga ketika kita maupun orang lain membuka halaman login blog.com/wp-login.php akan direkam oleh wp statistic.

      Bahkan bila ada akses yang berusaha menghack web kita, wp statistic akan merekam serangan itu dan terhitung dalam jumlah viewer.

      Jadi itu sebabnya di wp statistics jumlah pengunjung tampak dua kali lipat dibandingkan google analytictc maupun jetpack stats.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *