Caesium: Kompres Gambar Gratis Dan OpenSource Terbaik

Ada banyak cara mengoptimasi kinerja dan kecepatan website atau blog kita. Salah satunya adalah mengoptimalkan gambar yang tampil di website kita, misalkan kita upload foto yang akan kita publikasikan di webiste. Maka sebaiknya kita harus melakukan optimasi berupa compress gambar, karena biasanaya hasil foto langsung baik dari smartphone maupun kamera memiliki size yang sangat besar. Sebagai contoh hasil foto Xiaomi Mi4i miliki Tekonland.info biasanya antara 2 Mb hingga 6 Mb dari 13 Megapixel.

Nah, bila kita langsung upload dan publikasi ini akan membuat kinerja website menjadi lambat karena perlu meload banyak foto kita yang berukuran besar. Oleh sebab itu perlu adanya optimasi dengan software image compressor.

Image compressor sendiri ada yang berbentuk aplikasi offline dan online. Teknoland.info merekomendasikan yang offline karena lebih flexibel dan lebih cepat tanpa proses upload segala. Sementara Software offline ada banyak yang akan kita dapati di internet, kita perlu pilihan yang tepat.

Begitu banyak pilihan Teknoland telah memilih Caesium sebagai yang terbaik, kenapa memilih Caesium? Sementara ada banyak pilihan yang juga tak kalah bagusnya. Misal, Advenced JPEG Compressor yang berbayar, Riot free opensource, Mass Image Compressor dan lainnya.

Ada 2 spesifikasi yang saya tetapkan:

  1. Free atau gratis
  2. Interface userfriendly, antarmuka yang mudah

Tentang Caesium Image Compressor

Sebenarnya kalau software Image Compressor offline dinilai rata tanpa melihat berbayar atau gratis Advenced JPEG Compressor adalah yang paling bagus menurut Teknoland. Karena ini pilihan yang terbatas gratis maka pilihan ditangan Caesium Image Compressor, mengalahkan RIOT atau compressor yang lain:

Caesium

  1. Interfacenya lebih mudah dari free software lainnya. Bisa memilih foto mana yang ingin kita memilih foto mana yang ingin kita compress, baik hanya 1, random maupun 1 folder. Fitur ini di Mass Image Compressor tidak bisa sefleksibel ini.
  2. Tersedia Aplikasi portabel dan installernya.
  3. Gratis, tapi hasil outputnya sama dengan yang berbayar. Bila kita lihat hasil outputnya dengan yang berbayar akan sama, dengan ketentuan kita menggunakan settingan yang sama ya…
  4. Bebas akses source code, yang kedepannya mungkin akan tersedia untuk Linux, Android maupun windows phone.
hasil-kompres-gambar-dengan-Caesium
perbandingan kompres gambar caesium (kiri) dan gambar original (kanan)

Hasil compress dengan Caesium, dengan ketentuan settingnya dibawah berikut:

hasil-compress-caseum
Settingan kompres gambar dengan Caesium

Yaitu, kualitas gambar: 50 resize dari besar ukuran 4208 x 2368 menjadi 2104 x 1184 hasilnya sangat mantap dari 5 MB menjadi 397 KB alias 0,4 Mb. Lalu apakah kualitas gambarnya menjadi buruk? Tentu saja tidak, kecual kalau kita mengkompres kualitas gambar hingga 90 %.

Silahkan dicoba!

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *