Musisi, Beda Zaman Beda Kualitas

Saya bukan penikmat musik, karena menurut referensi fikih saya, musik itu haram, ingat musik ya… Kali ini yang saya bicarakan soal musisi dan kualitas lirik ciptaannya.

Beberapa hal yang saya amati dari musisi zaman kini rasanya kok kualitasnya semakin buruk, liriknya sama sekali nggak ada puitis-puitisnya blas apa lagi pesan-pesan moral yang dibawanya alamak, hampir semua cuma tentang “cinta”, cinta memang dagangan yang paling laku, nggak yang tua, muda bahkan anak-anak menjadi pecinta lagu cinta. Tetangga saya juga tetangga anda, yang seumuran 3-4 tahun pastinya sudah ada yang hafal lirik lagi band yang lagi tenar-tenarnya di televisi.

Rasanya memang lirik bukan hal penting untuk dikerjar band-band saat ini. Uang yang jadi jawaban, band-band sekarang bermusik untuk uang. Lagu apa yang kiranya memiliki prospek baik untuk bisnis dan kalau bisa meledak disukai mbah-mbah hingga anak balita. Sudah jarang musisi yang menciptakan lagu karena kepeduliannya terhadap lingkungan dan aktifitas sosial di tengah masyarakat.

Minimnya musisi berkualitas dikalangan anak muda dewasa ini beda dengan musisi angkatan tua saat tenar tenarnya di tahun 90’an, sarat dengan pesan moral, memiliki nilai sastra yang bagus, contoh: Iwan Fals dan Chrisye, pesan moral dan sastranya patut ditiru para musisi terkini. Bisa kita tilik semua karya Iwan Fals mayoritas adalah lagu-lagu yang bernuansa kritik terhadap pemerintah diktator dimasanya. Meski lagunya minim lirik-lirik romantisme dia tetap meledak dan selain menjadi musisi, penyanyi terkenal dia menjadi legenda hingga hari ini. Ada lagi sang legenda dan raja dangdut Rhoma irama, siapa yang tak kenal dengannya terutama di era 90’an dulu rhoma irama sangat-sangat terkenal dengan lirik religinya yang diikuti irama khas dangdut. Liriknya yang subhanallah banyak yang bersumber dari firman Allah maupun sabda nabi. Pesan moralnya tersebar keseluruh pelosok nusantara.

Sekali lagi, yang saya sukai adalah lirik lagu sang musisi, bukan musik yang mereka bawakan, karena saya sendiri adalah penggemar puisi.

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *