Setiap Pilihan Allah Adalah Kebaikan

Ada sebuah hikayat, seorang raja di Mesir sangat gemar memberikan sebuah nasehat “Setiap pilihan Allah adalah kebaikan”. Ketika ada orang sakit, ia datangi lalu mengatakan hal itu “Setiap pilihan Allah adalah kebaikan”, saat ada orang yang tertimpa musibah atau malapetaka lain ia nasehatkan hal yang sama.

Disuatu waktu sang raja tertimpa musibah, jarinya terpotong. Lalu datanglah seorang menteri yang dengan semangatnya dia mengatakan

“Wahai raja, setiap pilihan Allah adalah kebaikan.” Sanga raja mendengar itu gusar, “Kau mangatakan itu? Tangkap dia!” perintahnya kepada prajurit karena tersinggung oleh ucapan menteri. Di hari lain, sang raja dengan beberapa anak buahnya keluar untuk berburu. Saat berburu itu tiba-tiba dihadang oleh para penyembah berhala yang kemudian menangkapi para rombongan raja tersebut. Satu-persatu tawanan disembelih untuk tumbal sang dewa hingga habis dan terakhir adalah sang raja.

Namun ketika pada gilirannya para penyembah dewa itu melihat raja sebagai orang yang cacat (jarinya terpotong) kecewalah mereka.

“Orang ini cacat, tak pantas dijadikan tumbal untuk dewa agung” Lalu raja dibebaskan.

Alangkah girangnya ia kemudian teringat ucapan sang menteri yang dipenjarakan olehnya. Raja pulang ke istananya lantas membebaskan dan menemui sang menteri

“Sungguh benar katamu bahwa setiap pilihan Allah adalah kebaikan, tapi aneh mengapa ketika kau kupenjarakan kau pun bilang “Setiap pilihan Allah adalah kebaikan” Kebaikan yang kau dapati ketika berada dalam penjara?” tanya raja.

“Wahai raja, tentu saja ada kebaikan. Seandainya aku tidak paduka penjarakan tentunya aku akan menyertai engkau berburu lantas juga menjadi tumbal orang-orang penyembah dewa itu.”Wallahu a’lam

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *