Celtic Dan Bendera Palestina

Beberapa saat lalu, klub bola Skotlandia Celtic FC menggemparkan dunia atas aksi supporternya mengibarkan bendera Palestina serta meneriakkan dukungan kepada negara tersebut saat Celtic FC menjamu tim Israel Hapoel Be’er Sheva dalam kualifikasi Liga Champions. 

Aksi tersebut direspon cepat oleh UEFA berupa sanki disiplin, apalagi ini bukan pertama kalinya bagi Celtic menerima sanksi. Tim yang berjuluk the bhoy ini sudah menerima 8 kali sanksi dalam 5 musim, september 2014 lalu UEFA memberi sanksi 16 ribu euro karena para supporter celtic melakukan pelanggaran yang sama membawa bendera palestina ke stadion.

Dalam aturan UEFA menegaskan larangan membawa politik, ideologi, agama dan yang bersifat provokatif ke dalam stadion.

Pada akhir pertandingan itu Celtic berhasil membekuk kemenangan atas tim lawan dengan skor 5-2. Selamat Celtic

Reaksi dunia

Ada banyak dukungan yang muncul atas apa yang dilakukan supporter, melihat otoritas UEFA yang akan menindak keras pelanggaran seperti ini,  lebih-lebih yang berhubungan dengan anti-semit.

Dalam banyak kesempatan UEFA begitu agresif menindak pelanggaran yang berkaitan dengan anti-Yahudi, entah apa hubungan antara UEFA dengan Yahudi?

Bendera Palestina di Stadion Celtic 2016
Bendera Palestina di Stadion Celtic 2016

Bagi saya apa yang dilakukan Celtic  bukan persoalan anti-Yahudi, melainkan tentang kemanusiaan, menyerukan kemerdekaan Palestina berarti menyerukan keadilan dan kemanusiaan.

Satu abad sudah Israel menjajah Palestina, merampas tanah, mengengkang kemerdekaan dan lebih parah lagi, mereka mengisolasi penduduknya dari interaksi negara manapun. Kemana suara-suara kebebasan negara digdaya untuk Palestina? Senyap.

Supporter Celtic FC sudah melakukan apa yang tidak kita bisa, mereka mengekspresikan arti sesungguhnya tentang kepedulian bagi manusia yang sosialis dan humanis, bicara keadilan dalam bentuk nyata, bukan cuma pemanis kata. Sekaligus mengingatkan Israel dalam satu kata yang tersirat: “Hentikan penjajahan dan lepaskan Palestina!”

Bendera Israel di stadion Ajax pada tahin 2003 by spiegel.de

Ketika klub Ajax-Amsterdam berani mengibarkan bendera Israel dan banyak supporternya yang menggunakan atribut Yahudi di Stadion UEFA tak memiliki reaksi yang sama saat menghadapi Celtic FC, apa ini yang disebut keadilan? UEFA Omong kosong!

Ref:

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.