Kelebihan Cloudflare & Manfaatnya Untuk Website

Saat ini hampir semua provider hosting sudah memiliki fitur cloudflare yang di intregasi dalam cpanel mereka, hingga para klien tinggal mengaktifkan saja fitur ini. Lalu apa sebenarnya Cloudflare ini, hingga para hoster mengatakan Cloudflare adalah fitur unggulan mereka?

Cloudflare itu CDN
Pada dasarnya Cloudflare adalah CDN (Content Delivery Network) yakni sebuah sistem yang berupa salinan data berupa javascript, CSS, media file dan lainnya. Dan CDN itu memiliki server/ datacenter yang tersebar diberbagabi belahan dunia hingga bisa dikatakan data website yang menggunakan CDN memiliki salinan data diberbagai dunia.

Apa manfaatnya? Begini, kecepatan akses sebuah website itu dipengaruhi dengan jarak, semakin dekat jarak antara pengakses website dengan server hosting website maka semakin cepat pula, demikian sebaliknya semakin jauh semakin lambat pula.

Nah dengan menggunakan fitur CDN ini, kita memiliki keuntungan, bila website kita menggunakan server yang jauh contoh USA (Amerika Serikat) atau NL (Belanda) lalu kita akses dari Indonesia maka dengan CDN kita bisa mengakses lebih cepat karena CDN memiliki salinan data kita di server yang lebih dekat dengan pengakses, singapura contohnya (Cloudflare CDN server terdekat Indonesia ada di Singapura). Jadi pengakses website tak perlu merequest langsung ke USA maupun NL tempat server website.

Server Cloudflare di Berbagai Belahan Dunia
Server Cloudflare di Berbagai Belahan Dunia
cloudflare-2
Menggunakan Cloudflare meningkatkan kecepatan akses

Cloudflare itu layanan keamanan internet
Selain CDN Cloudflare juga menawarkan perlindungan terhadap serangan terhadap website semacam DDOS, hacking atau spam. Jutaan lalu lintas pengunjung secara realtime dimonitor oleh keamanan Cloudflare.

Perbedaan menggunakan Cloudflare dengan tidak.
Perbedaan menggunakan Cloudflare dengan tidak.

Kelebihan Cloudflare

  • Mempercepat akses website.
  • Menekan penggunaan Bandwith.
  • Menampung trafik visitor lebih besar.
  • Mengurangi resiko down dan memproteksi dari serangan DDOS, hacking dan spaming.
  • Cloudflare juga mimiliki layanan SSL gratis

Sumber:

  1. http://aripratama.com/
  2. https://blog.idwebhost.com/
  3. https://en.wikipedia.org/wiki/CloudFlare
  4. https://blog.kuncihost.com/

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *