Tips Cara Mencari Hosting Terbaik

Assalamualaikum hai semua…

Kali ini kita bahas tentang cara mengetahui hosting terbaik. Latar belakang tulisan ini adalah karena saat ini semakin beragam jenis bisnis hosting yang beredar di alam internet.

Saking banyaknya, hingga persaingan pasar semakin ketat, berbagai promo diobral provider. Ya masing-masing mengeluarkan jurus marketingnya, tentu saja jurusnya ada yang sakti ada yang tidak.

Akhirnya kita sebagai calon pelanggan bingung dengan banyaknya pilihan, mana yang terbaik? Promo provider A terlihat gurih dengan paket serba unlimitednya, promo provider B terlihat lezat dengan harga super murahnya. Alamak mana yang harus kita pilih? Pilihlah yang terbaik! Disini saya akan bahas tips menemukan hosting terbaik buat website/ blog kamu.

  1. Pelayanan, cari provider hosting yang memiliki pelayanan terbaik, respek dengan masalah klien. Pelayanan adalah syarat pertama untuk mencari hosting kualitas. Karena sering kali ketika dalam perjalanan kita menyewa hosting, akan mengalami permasalahan yang beragam, dalam hal ini mau tak mau kita harus komunikasikan dengan staff provider hosting agar problemnya segera resolved. Jika layanan buruk, respon lambat, atau staff tidak kompeten menangani kasus sebaiknya mencari provider lain sebelum menyesal nanti.
  2. Tentukan harga, sesuaikan antara kebutuhan dan budget yang harus kamu keluarkan. Bila memang cuma untuk blog pribadi, web porfolio, website UKM, web sekolah,  atau web-web yang trafiknya dibawah 5000 kunjungan perhari tak perlu beli hosting yang mahal. Tapi jika untuk yang sudah profesional semacam web portal berita, streaming film, fokus website adsense yang trafiknya sudah tinggi ambil saja vps. Tapi prinsipnya ada harga ada rupa, kamu tidak akan mendapat hosting supermewah dengan harga supermewah.
  3. Lokasi server, kecepatan akses website kita umumnya tergantung 2 hal, 1. Kecepatan koneksi internet kita. 2. Jauh-dekatnya lokasi server website yang kita akses. Nah sebelum kita beli hosting, sebaiknya tentukan dulu kepada siapa website yang akan kita bangun? Apakah untuk global atau cuma pengunjung Indonesia saja? Bila hanya untuk Indonesia pilihlah server IIX (Indonesia), SG (Singapura) dan HK (hongkong) ketiganya ini lebih cepat jika kita akses diwilayah Asia dan Indonesia. Jika website diakses untuk semua kalangan dan semua negara pilihlah server USA (Amerika Serikat).
  4. Limit Resource, mengingat saat ini banyak sekali provider yang menawarkan promo gila-gilaan, serba unlimited, space stroage yang geda dan bandwith unmetered, tapi yang namanya shared hosting atau cloud hosting sekalipun tetap memiliki resource limit. Shared hosting adalah 1 server yang nantinya akan dibagi-bagi untuk banyak website, karenanya dalam 1 hosting yang kita pesan memiliki limit resource. Apa itu resource? Resource adalah kombinasi CPU usage, Ram usage, virtual ram usage, dll. Dimana jika salah satunya mengalami pemakaian diatas batas yang ditentukan, web blog kita akan overload dan efek terburuknya web/ blog overload akan disuspend provider tanpa peringatan dulu. Carilah provider yang menyediakan resource limit yang besar, dari CPU usage, Ram, dan lainnya.
  5. Space disk, jangan muluk-muluk mencari space gede. Saat ini provider banyak menawarkan hosting space gede bahkan unlimited dengan harga murah, tapi layanannya tidak memuaskan, space besar pun tidak akan banyak manfaatnya jika resource limitnya kecil. Tapi juga jangan mencari hosting yang terlalu kecil, mengingat seiring bertambahnya waktu bertambah pula konten web kita, itu akan membuat semakin besar pula kebutuhan disk stroage. 0.5-5 GB cukuplah untuk kapasitas shared hosting.
  6. Bandwith, saat ini sudah banyak yang menyediakan unmeterd/ unlimited bandwith kita tak akan kesusahan mencarinya.
  7. Litespeed web server, litespeed adalah salah satu fitur mengoptimasi kecepatan akses web dengan metode mencaching data, walaupun bukan tips yang wajib kamu pilih, tapi juga penting bila ingin web kamu diakses semakin cepat.
  8. SSL, dengan SSL pada address bar website kita akan berubah jadi warna hijau dengan tulisan https://namadomain.com, fungsinya untuk melindungi web kita dari serangan hacker, memilih hosting yang memiliki kecepatan tinggi memang urgen, tapi melindungi keamanan web tidak kalah penting. Dalam dunia SEO ssl memiliki peran, utamanya hasil pencarian dalam mesin pencari Google. SSL biasanya layanan yang dijual terpisah dari shared hosting, tapi ada beberapa yang provider yang menjual paketnya sudah include free SSL, provider seperti ini patut kamu pertimbangkan karena jika beli terpisah harganya paling tidak kisaran Rp. 80.000 pertahun.
  9. SSD Drive, perkembangan teknologi semakin maju, tentu saja hosting juga mengalami kemajuan. Sudah mulai marak hosting yang menggunakan SSD pada disk drive servernya. Keunggulannya? SSD memiliki 10x kecepatan read/ write dibanding hardisk, server SSD sudah pasti lebih cepat dibanding server hardisk.
  10. Raid 10, penjelasan tentang raid bisa kamu cari di internet.
  11. Cloudflare railgun, cloudflare adalah CDN yang berfungsi mempercepat akses website, biasanya disetiap cpanel sudah disertakan fitur Cloudflare oleh provider. Lalu railgun? Bila cloudflare untuk mempercepat akses maka cloudflare railgun adalah layanan premium yang membuat cloudflare lebih cepat lagi. Tidak semua yang bisa menikmati railgun, karena railgun hanya dinikmati jika berlangganan 200 usd perbulan. Provider yang sudah perlangganan, fitur railgun akan bisa dinikmati semua kliennya. Karena faktor harga langganannya yang cukup mahal jadi tidak semua provider memiliki fitur ini. Cukup beruntung jika kamu mendapati provider yang memiliki fitur ini, bila provider tak memiliki, paling tidak kita bisa menggunakan versi freenya melalui cpanel.

Demikian artikel tentang Tips cara mencari hosting terbaik, semoga berguna buat kamu.

Berikut adalah tulisan tentang daftar hosting yang saya rekomendasikan Hosting Terbaik versi mashamam.com

Dan ini pe jelasan lebih lanjut tentang layanan cloudflare Apa itu Cloudflare?

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.

2 thoughts on “Tips Cara Mencari Hosting Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *