#Update Rom, MIUI 8 Untuk Mi4i

Al Hamdulillah akhirnya MIUI 8 hadir kepangkuan saya 23 Agustus kemarin, memang pembagian jatah updatenya tidak merata, ada yang sudah lebih dulu dapat updateannya beberapa hari lalu ada juga yang malah belum dapat jatah update, mungkin ada yang tau kenapa kebijakan pihak Xiaomi seperti ini? Mungkin antisipasi server overload ya? Karena langsung banyak yang melakukan update masal.

Sudah agak lama saya nanti-nantikan kehadiran MIUI 8 ini, harapannya memiliki performa yang lebih baik dari versi sebelumnya MIUI 7. MIUI 8 hadir dengan banyak sekali fitur baru dan berbagai perbaikan fitur mari ikuti ulasan yang bisa saya tangkap setelah mengobok-obok ROM terbaru Xiaomi ini:

 

Status bar & Toggle bar

Satu hal pertama kali perubahan yang saya lihat ada pada notifikasi bar dan toggle bar. Perubahannya terlalu agresif menurut saya, tapi kesan saya fine-fine ajalah hanya perlu waktu buat membiasakan diri. Toggle bar dan notifikasi bar menyatu dari sebelumnya terpisah, lebih efesien.

Task Manager

Dibagian task manager  juga ada penambahan fitur, sekarang kamu bisa memilih mana yang lebih disukai antara mode jendela atau mode icon.

Merubahnya bisa disentuh layar atas pojok kanan. Ada lagi permbaruan lainnya di bagian efek transisi, tidak hanya task manager tapi hampir disemua titik yang menggunakan efek transisi berubah lebih halus dan fresh.

Apa Namanya?

Ini apa ya namanya? Sory saya nggk tau :D. Dibagian ini, entah apa motif Xiaomi menematkan suggest app dibagian ini, ini iklan atau memang murni suggest app? Tapi tenang, kalau kamu tidak suka, tinggal di non aktifkan dengan menyentuh nama koleksi app, non aktifkan Promoted apps.

Wallpaper Baru

Seperti biasa, setiap update versi ROM, Xiaomi akan selalu menambah wallpaper baru yang fresh buat penggemarnya.

Gallery

Pada gallery, ada sedikit perubahan desain seperti yang kamu lihat baik di tab Photos maupun Albums,

Notes

Note juga membawa perubahan yang lebih menarik, kamu tidak akan bosan nulis note penting harianmu. Notes memiliki 2 wajah: 1. mode thumbnail 2. mode list.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Update lain-lain

Karena kurang lebih subtansinya sama, yakni perubahan pada desain, maka saya akan singkat saja ya :D,

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Highligt:

  • Desain baru yang sudah menerapkan material design
  • Dual akun, siap membuat atau login dual akun untuk hampir semua applikasi
  • Redesign kalkulator
  • Notes lebih personal dengan template yang cantik.
  • Menciptakan ruang kedua secara terpisah, seperti menggunakan 2 hp (perangkat).

Penutup (walau tanpa kata pembuka)

Melihat semakin cantiknya rom inovasi dari Xiaomi, selain bahagia tapi ada juga ke khawatiran, apalagi setelah merasakan MIUI 8 memiliki banyak efek animasi dan transisi, bukankah bakal semakin bikin berat? Kedepannya untuk perangkat baru Xiaomi sih nggak masalah kerena kita tau, Xiaomi akan selalu melahirkan perangkat baru dengan spesifikasi dewa. Tapi bagaimana dengan perangkat lama? Masih sanggup membawakan rom terbaru dengan stamina yang ok? Jika tak sanggup hal yang terburuk adalah perangkat lama tidak mendapat update, semoga ini hanya imajinasi liar saya saja.

Tapi bagaimana pun, saat ini kemajuan teknologi semakin dahsyat. Teknologi hari ini akan segera ditinggalkan oleh penemuan teknologi esok, so nggak sudah dipikirin.

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.

One thought on “#Update Rom, MIUI 8 Untuk Mi4i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *