Install Mokee Android ROM di Mi4i

Lama berkutat dengan MIUI OS bawaan Xiaomi, meski indah dan simpel akhirnya bosen juga. Sempet sih nyoba Cyanogenmod 12 dengan fitur serba minim dan size imagenya juga setengahnya MIUI, nyatanya nggak begitu semut juga, barangkali masih ngebug, ya akhirnya cuma bertahan beberapa jam then go to trash and back to MIUI.

Ada satu nama ROM lain yang sering terlihat di forum MIUI dan forum lokal Mi4i, namanya Mokee. Nggak tau gimana awal mulanya, tapi ada yang bilang mokee masih berbasis Cyanogenmod rom, intinya punya filosofi yang sama yakni mengekspresikan kebebasan dalam berteknologi “Opensource”.

Rempah-rempah Menuju Mokee

  1. Pastikan sebelum kamu install Mokee, OS Mi4i-mu adalah MIUI v6.6.6 < ini global stable build> Jika kamu langsung install Mokee dari MIUI v7.0.30, v7.0.50 atau bahkan MIUI v8.0.20 maka yang akan terjadi begitu sukses instalasi Mokee adalah random reboot. Jika belum punya ganti dulu dengan MIUI v6.6.6 pada link berikut: MIUI 6.6.6 Recovery | MIUI 6.6.6 Fastboot Download.
  2. Install TWRP, tanpa twrp semua tak akan ada yang bisa kita lakukan, mokee harus di install via TWRP Download TWRP v3 Terbaru.
  3. Download Mokee, silahkan download: Klik Download Mokee
  4. Download GApps (Google play opensource): Download OpenGApps jika link tidak berfungsi kunjungi: http://opengapps.org Platform: ARM64 Android: 5.1 Variant: Pico

Instalasi Mokee

  1. Pastikan kamu sudah backup semua data yang kamu miliki, gambar, video, kontak dan semua hal yang kamu anggap penting.
  2. Pastikan file Mokee dan GApps sudah ada dalam device Mi4i.
  3. Matikan device. Dan buka TWRP Recovery dengan menekan volume+ dan power.
  4. Pilih Wipe > Advenced Wipe >ceklist semua kecuali Internal Stroage, lalu Swipe to wipe.
  5. Kembali kemenu awal TWRP, pilih Reboot > Recovery.
  6. Jika sudah reboot kembali ke awal menu TWRP, pilih Install > pilih Mokee xxx.x.xx.zip dan add other zip, pilih GApps yang kamu download tadi, Install Image.
  7. Proses installasi akan berjalan, tunggu sejenak sampai selesai lalu reboot. Instalasi Mokee sudah selesai.

Demikian cara Install Mokee Android rom di Mi4i, rasakan kesemut-annya. banyak user yang bilang rom ini very stable = no bugs. Tak tahu kebenarannya, tapi tampaknya rom ini emang luar biasa.

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.

3 thoughts on “Install Mokee Android ROM di Mi4i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *