Hal-hal Yang Tak Disukai Pada WordPress dan Blogspot

WordPress dan blogspot adalah platform blog terbesar di dunia, dan paling banyak digunakan oleh blogger planet bumi.
Tentu saja ini saja hal-hal tersebut tak terlepas betapa bagusnya fitur kedua blog tersebut membuat penggunanya termanjakan.

Ada pengguna yang lebih nyaman dengan worspress ada juga pengguna yang lebih bebas menggunakan blogspot, keduanya memiliki kelebihannya masing-masing.

Namun beberapa hal ini akan saya paparkan hal yang dirasa kekurangan dari kedua plaform tersebut karena itulah saya tidak lagi menggunakan layanan tersebut, dan lebih memilih membangun web mandiri (sewa hosting dan domain sendiri) dengan cms wordpress yang dirilis gratis/ opensource oleh Automattic.

WordPress

1. Tak bebas mengeksplore tema.

Pihak wordpress sama sekali tidak memberikan kebebasan kepada membernya untuk mengedit tema-tema yang ada di wordpress. Tidak juga diberi kebebasan memilih dan upload tema dari luar, hanya bisa memilih tema-tema yang tersedia gratis. Jika ingin fitur lebih pengguna harus berlangganan VIP Member.

2. Iklan mulai bermunculan.

Pada awalnya wordpress tak pernah menempatkan iklan pada blog membernya, mereka hanya mengambil pemasukan melalui VIP member plan yang tersedia, namun kemudian ada kebijakan baru yaitu blog yang menggunakan free plan akan berisi iklan dari wordpress.

3. Tidak bisa input code di widget.

Tak seperti blogspot, selain tidak bisa mengeksplore tema, wordpress juga tidak memperkenankan usernya meletakkan code di widget kecuali mungkin hanya html yang diijinkan.

4. Space stroage terbatas.

Pengguna free plan hanya bisa menikmati layanan jni dengan space stroage terbatas yakni 2 GB, sebenernya ini sangat cukup untuk kegiatan blogging bahkan dalam kurun 10 tahun jika hanya upload gambar dan tulisan saja, jika ingin upload file lain seperti video, mp3 dan berkas lainnya bisa disiasati dengan cloud stroage semacam google drive, microsoft onedrive dan dropbox, atau layanan milik wordpress CloudUp, baca berikut ulasannya: CloudUp: Cloud Stroage Gratis Hingga 200 GB.

Blogspot/ Blogger

1. Aplikasi blogger di Android yang kurang bagus.

Ketika anda memilih platform yang simpel digunakan, lebih baik pilih WordPress dan Tumblr karena keduanya memiliki aplikasi yang bagus untuk smartphone Apple dan Android, mudah baik post baru maupun sebagai blog reader.
Aplikasi Blogspot menurut saya jelek, dan sudah lama tak diupdate lagi.

2. Struktur link kategori yang kurang profesional.

Lebih tepatnya Blogspot tak memiliki struktur link untuk kategori dan tag. Misal di WordPress, link kategori akan begini:

http://mashamam.com/category/note

Sementara blogspot link kategorinya/ label tampak seperti ini:

http://alakulihal.blogspot.co.id/search/label/ubuntu
Menurut saya ini tampak kurang profesional dan tidak elegan.

3. Kurang terkoneksi dengan sesama blogger.

Di WordPress kamu bisa ngelike dan bisa membangun dunia sosial layaknya facebook, bisa lebih mudah saling like dan komentar, dan lebih-lebih ada ada aplikasi mobile yang sangat bagus jadi mudah berteman, sementara Blogger/ Blogspot kita memasuki dunia lebih bebas, dan banyak sekali pengguna layanam ini yang prioritasnya iklan, sementara WordPress lebih banyak kekonten (karena memang tak bisa pasang iklan selain dalam bentuk banner).

Gambar: yudhitech.com

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *