Pecel Madiun dan Dawet Ayu Laris Manis: Ini Rasa Pecel Sejati

Wisata Kuliner Solo | Di salah satu bagian jalan Juanda Surakarta, ada warteg yang lumayan besar dengan spanduk bertuliskan “Pecel Madiun Dan Dawet Ayu Laris Manis”. Jujur saja, ini menarik perhatian saya yang beberapa kali melewati jalan ini saat menempuh Solo – Tawang Mangu.

Ini karena sebelumnya saya sangat suka dengan pecel kediri yang rasanya perfecto banget. Sementara hidup di Solo ada banyak penjual pecel khas rasa Solo yang mengedepankan rasa manisnya, tak saya sukai.

Pecel Kediri berbeda, termasuk pecel yang saya makan di Sumatera kelezatan pecel kediri melampaui kelezatan semua pecel yang pernah saya coba. Lalu bagaimana dengan pecel Madiun? Sama dengan Kediri! Karena pecel Kediri, Madiun dan Nganjuk memiliki karakter yang sama: Gurih, harum dan pedas.

Pecel Madiun dan Dawet Ayu Laris Manis

Nah dengan adanya pecel Madiun disini, otomatis bakal nostalgia makan pecel saat di Pare, Kediri. Tapi apakah penjual Pecel Madiun di Solo memiliki rasa lezat memenuhi eksepektasi?

Akhirnya Ahad kemarin saya punya kesempatan menjajal pecel Madiun ini. Sayangnya saya lupa mencoba dawetnya justru milih cincau, nyesel banget dah.

Daftar Menu dan Harga Laris Manis Pecel Madiun

Harga pecel 10.000, ada menu makan lain juga, seperti nasi tumpeng dan sop gulung. Begitupun menumnya ada beberapa macam, Tapi bagi yang pertama kesini sebaiknya pilih menu spesialisnya aja dulu ya Pecel Madiun dan ES Dawet Ayu.

Saat ibu pelayan bertanya, “Pedes nggak mas?” Langsung saya timpali “Pedes bu, super duper pedes” Iya dong, esensi pecel Madiun adalah rasa gurih, pedas dan harumnya. Dan rasa pedas adalah rasa yang menurut saya harus ada di semua makanan :D.

“Minumnya?”

“Es Cincau” Saya lupa kalau disini ada es Dawetnya juga. Ah nasib, lain kali saja deh.

Pecel Madiun dan Es Cincau di Jl Juanda Surakarta.

Rasa Pecel

Beh, begitu dihidangkan langsung bikin saya ngiler tak berkata-kata. Dimulai dari nasi dan sambel pecel, kemudian toge dan hijau-hijauannya.

“Auh… Luar biasa” Nikmat banget.

Rasa pecelnya bener-bener sesuai eksepektasi juragan! Belum lagi kerenyahan peyek/rempeyek kacangnya begitu bersatu dengan sambel dan sayuran langsung lumer dalam mulut, bersatu-padu memberikan rasa yang gila.

Terkesan lebay ya? He…he… tapi saya bener-bener kaget memang, lebih-lebih setelah terakhir kali makan pecel di Yogyakarta awal Januari kemarin waktu pulang dari pantai Watu kodok yang menurut saya merusak citra perpecelan Indonesia (rasanya asem, aneh kan?)

Bagi kamu yang mencintai pecel, harus nyoba ya pecel Kediri, Madiun, Tulung Agung atau Nganjuk. Jika tidak suka pedes tinggal bilang ke penjualnya dan pastikan baik penjual atau produknya bukan KW :D.

Selanjutnya sruput Es cincaunya, segerrrr… Namun mungkin tidak terbiasa minum ginian, rasanya terlalu manis. Al hamdulillah akhirnya kesampaian juga makan pecel Madiun, akhir pekan ini berakhir bahagia.

Alamat Pecel Madiun & Dawet Ayu Laris Manis

Jl. Ir. Juanda, Pucangsawit, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57122

Ketika saya perjalanan pulang, sekitar 1-2 kilo dari rumah makan/ warteg pecel tadi ada 2 tempat makan lain yang semoga punya kesempatan kesana “Mie Sumatera” dan “Raja Kepiting”.

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.

2 thoughts on “Pecel Madiun dan Dawet Ayu Laris Manis: Ini Rasa Pecel Sejati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *