Tentang blog self-host yang tak bisa di komentari

Beberapa teman blog saya mengeluhkan “kenapa blog ente nggak bisa bisa dikomentari pake wordpress app bro?”
Sejujurnya saya juga heran, ketika melihat beranda aplikasi wordpress postingan sendiri hanya bisa di like tapi tak bisa di komentari, saya kira itu terjadi hanya karena sebagai admin saya tidak bisa mengomentari blog sendiri, ternyata pengunjung pun memgalami hal yang sama.

Ketika diselidiki kasus ini terjadi pada semua blog self-hosted, yaitu blogger yang membangun blog berplatform WordPress (CMS) tapi dengan menyewa hosting mandiri.

Kemudian saya tanyakan ke pihak WordPress support, atau lebih tepatnya Jetpack support (jetpack sebuah mesin milik wordpress yang mengubungkan antara wordpress.com dengan non-wordpress.com).

Perbedaan antara blog wordpress.com (atas) dan self-hosted (bawah)

” I have blog, using self-hosted, buy my follower and friends can’t comment use wordpresa reader in android and windows devices”

-sent by Hamam, bahasa inggrisnya harap di maklumi 😅.

Begini jawaban pihak Jetpack yang dikirim via email:

Hi there,

At this time, the WordPress.com Reader only supports commenting from the Reader on WordPress.com Sites.

They are working to expand this functionality to Jetpack-connected sites, but we don’t have a firm estimate as to when that will be completed.

Kind regards,

James Huff | https://jetpack.com/support/

Intinya saat ini fungsi komentar baru bisa di blog wordpress.com, mereka sedang mengusahakan agar komentar bisa berfungsi untuk semua web/ blog yang menggunakan wordpress .com maupun .org.

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.

6 thoughts on “Tentang blog self-host yang tak bisa di komentari

  1. iya, saya juga mengalami hal yang sama. Jadi harus dikomen menggunakan browser, bila memakai app wordpress gak bisa dikomen, cuman di like aja.

    terima kasih atas pencerahannya, memang dari automatic yang gak bisa, hahaha. Saya kira ada pengaturan jetpack saya yang kurang lengkap. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *