Film-Film Yang Menginspirasi Saya

Sudah cukup banyak film-film yang saya tonton, masing-masing menimbulkan kesan, ada yang menciptakan energi positif, menyemangati, menginspirasi, bikin galau, bikin baper, merasa bersalah dan lainnya.

Namun genre yang paling saya sukai adalah film yang menginspirasi, dari beberapa judul yang telah saya saksikan berikut ini adalah list terbaik dan membangun inspirasi penontonnya:

Laskar Pelangi

film-film yang menginspirasi
Sumber: keepo.me Laskar pelangi film menginspirasi

Laskar pelangi hadir di bioskop pada tahun 2007. Kisah Lintang, Ikal dkk inimenggugah masyarakat Indonesia dan bahkan menjalani touring di berbagai negara Eropa seperti Spanyo  dan Jerman (Laskar pelangi Kuras Air Mata Penonton di Berlin).

Film ini adalah salah satu koleksi favorite saya dalam rak film-film tanah Air, Laskar Pelangi yang di adaptasi dari novel Andrea Hirata (Best Seller) memuat pemandangan sekolah di luar ibukota, aktingnya keren, ditambah lagi latar belakangnya adalah Bangka Belitung, ya kira-kira tidak terlalu beda dengan keadaan di provinsi-provinsi lain di luar Jawa.

Meskipun keadaan sekolah memperihatinkan, semangat menuntut Ikal, Lintang dan kawan-kawan tetap membara, bahkan ketika kepala sekolah meninggal (ini adalah salah satu adegan paling memilukan di Laskar Pelangi) Bu guru dan para siswa sempat menghentikan aktifitas KBM, mereka bangkit lagi, bersemangat lagi membangun harapan dan impian.

Berbagai kompetisi tingkat sekolah dasar mereka ikuti, awal kali mereka ikut serta lomba cerdas cermat anak-anak keasyikan belajar, bersemangat menghafal rangkaian cerita, menyahut setiap pertanyaan yang diajukan Bu Mus dan teman-temannya.

Perjuangan mereka menghasilkan buah manis, walau menjelang lomba si jenius Lintang hampir tidak bisa ikut lantaran terhalang oleh buaya ditengah jalan tapi akhirnya bisa juga ikut dan jadi pahlwan di kompetisi cerdas cermat antar sekolah dasar.

Di banding Ikal, saya justru lebih menyukai Lintang, jenius dan pejuang keras walau akhirnya terdampar ke lautan sebelum lulus SD karena sang ayah meninggal sementara dia punya adik-adik yang harus dihidupi. Satu kata “Awesome”

Sang Pemimpi

film-film yang menginspirasi
Sumber gambar: bukubiruku.com

Ini adalah skuel dari Laskar Pelangi, lanjutan petualagan Ikal tanpa teman-teman dari SD Muhammadiyah, tapi dengan saudara sepupu Arai dan teman barunya  di SMA Jimbron. Tak kalah menarik, disini lagi-lagi saya tak terlalu suka karakter Ikal (bukan kualitas aktingnya lho ya) yang menurut saya cuma karakter pandukung. Tapi Arai sosok menarik dan menginspirasi, Ikal banyak sendiri mengagumi sosok Arai yang liar tapi selalu ceria.

Arai mirip Lintang yang jenius, tapi ia tetap sosok yang berbeda, dia penuh kejutan, banyak akal yang bisa membuat hari-hari Ikal dan Jimbron menangis duka dan tawa bahagia. Kisah cinta SMA si Arai dengan Zakiah Nurmala juga bikin saya baper, walau awalnya cinta tak terbalas, si Arai terus memperjuangkan kisah cintanya agar Zakiah jatuh hati padanya.

Dalam sekuel ke 2 ini, Ikal dan Arai terus bermimpi dan memperjuangkan impiannya. Dan sosok yang tak boleh dilewatkan adalah ayah Ikal, simbol perjuangan dan inspirasi Ikal. Film ini sangat bagus.

Ketika Cinta Bertasbih 1 dan 2

Ketika cinta bertasbih film yang menginspirasi
Sumber gambar: keepo.me

Kendati ini termasuk film roman islami, saya merasa mendapatkan energi yang luar biasa setelah membaca novel karangan ustadz Habiburrahman El- Shirazy sekaligus nonton filmnya.

Tentang tanggung Jawab seorang anak sulung sekaligus Kakak bagi 3 adik perempuan, tentang cinta, tentang al azhar (salah satu universitas favorite para santri) dan tentang kesucian cinta.

Saya belajar banyak dari film ini, beliau kang Abik menuangkan lingkungan dakwah pada novel dan filmnya dengan cerita yang mengagumkan. Sebagai santri dan mahasiswa studi islam tentu saya dan banyak teman lainnya memiliki angan-angan yang sama. Yakni bisa menuntut ilmu di pusat peradaban islam zaman dulu (jazirah arab), dan ketika saatnya dipertemukan dengan wanita shalihah sebagai pendamping hidup.

3 Idiot

Film India yang di perankan dan sutradarai oleh Amir Khan ini menggugah jiwa, dan menyadarkan kita untuk melakukan apa yang bisa membuat bahagia, pilihlah apa yang ingin kau pilih, jika ingin kuliah pilihlah jurusan yang kau cenderungi, jika ingin bekerja, bekerjalah apa yang membuatmu senyum bahagia.

Sumber gambar: Kompasiana.comBanyak hikmah dan pelajaran yang bisa anda ambil, menginspirasi kaum muda dan menyadarkan orang tua tentang pentingnya memberika anak kebebasan memilih, karena sering kali orang tua memaksakan anaknya mengikuti pilihan dan jejak orang tuanya dengan dalih demi kebahagiaan dan kesuksesan sang anak.

Kamu jika masih muda apalagi masih kuliah harus tonton ini, keren banget.

Taare Zamen Par

Lagi film Amiir Khan ini keren banget, feel yang saya dapatkan setelah menonton Taare Zameen Par ini, seperti saat saya selesai menonton Laskar Pelangi, seolah ada 2 sayap yang siap membawa terbang ke langit, sangat energik

Film yang di bintangi dan di produseri oleh Amiir Khan ini mengisahkan tentang seorang anak yang mengalami masalah dalam membaca, dia kerap kebolak-balik dalam menyusul alfabet. Amiir Khan juga menyinggung sistem pendidikan India yang buruk membuat siswa bodoh makin bodoh.

Amiir Khan sebagai guru, mengembalikan rasa percaya diri pada anak tersebut, membatu dan mengajarinya atasi masalah yang ternyata pernah juga ia alami saat kecil.

Ishaan anak kecil yang terancam dikeluarkan asrama karena ke Idiotannya, perlahan dan tiba-tiba menjadi anak yang cerdas, dan lagi dia sangat jenius dalam melukis.

Kamu juga harus tonton film ini ya, asli keren dan mendidik banget.

Update film akan menyusul

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.

6 thoughts on “Film-Film Yang Menginspirasi Saya

  1. Mashamam..assalamualaikum, saya mau tanya sedikit…saat saya cek webmaster google saya, mashamam.com bisa memberi backlink ke blog saya hingga 471. Kok bisa ya mas?? Saya cuma kuatir dianggap spam oleh google. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *