Menjajal J&T Express: Era Baru Layanan Ekspedisi

J&T sebuah layanan ekspedisi yang baru meluncur setahun terakhir, tapi gema dan polularitasnya terus menanjak tinggi, bersiap menjadi rival bagi JNE dan TIKI  (Asumsi saya, Pos, Wahana, dan beberapa brand ekspedisi lainnya meski senior tapi masih dibawah JNE dan Tiki).
Pertama kali saya tahu J&T saat lihat iklan yang di bintang Dedi Corbuzer, dan kedua kalinya di Putra Siregar Phonshop asal Batam yang terkenal itu.

Hal yang paling menonjol mengapa setahun terakhir J&T langsung dikenal karene kecepatannya melebihi rival dan layanan antar jemput.

Awalnya saya kira, layanan antar jemput ini hanyalah fitur basa-basi alias cuma promo awal J&T, palingan nanti setelah berjalan beberapa waktu akan terhenti begitu saja.

Nyatanya anggapan saya salah. Baru-baru ini saya mengirim paket Al Quran untuk saudara, dia mintanya pakai J&T alasannya adalah kecepatan. Awalnya agak keberatan, kenapa nggak pakai JNE saja yang juga tidak kalah cepat? Ya sudahlah saya turuti.

Kamis kemarin saya mau antar paketan ke agen J&T dengan panduan google map. Naas, gps xiaomi Mi4i tidak berfungsi, terpaksa saya tundah esok jumatnya.

Hari jum’at ba’da kuliah, jam 1 saya mau cari kantor J&T, tapi kemudian ada temen bilang,

“J&T bisa jemput paketan bro, ni ane ada kontaknya”

“Masa iya?” Hari itu emang saya masih psimis soal layanan antar jemput yang ditawarkan J&T.

Ok, akhirnya saya call via whatsapp, 30 menitan sprinter (istilah bagi staff J&T yang antar-jemput paket).

Paket Al Qur’an ke Riau via J&T
Sprinter J&T menimbang barang via penimbang digital.
Gadget Sprinter J&T, timbangan digital
Sprinter J&T melayani di tempat COD klien
Resi J&T
Aplikasi android J&T

Pelayanan

Pelayanan yang diberikan J&T terutama yang saya alami sangat baik. Sebenarnya J&T memiliki sistem yang mirip dengan Go-Jek.

Misal begini, ada klien yang ingin kirim paketnya dan menghubungi droppoint (semacan agen) J&T, maka melalui grup wechat yang terhubung dengan para sprinter, droppoint meminta sprinter yang siap dan terdekat dengan lokasi klien untuk menjemput paket.

Apakah sprinter tanggap atau lelet? Umumnya sih cepat karena, setiap paketan yang dijemput, sprinter akan mendapat bonus 5 % dari perusahaan. Semakin tinggi kinerjanya semakin tinggi pula pendapatan, bukankah gitu?

Inilah yang saya sebut era baru dunia ekspedisi di Indonesia, semoga adanya J&T bisa semakin memajukan teknologi dan sistem ekspedisi se Indonesia.

Lain-lain

COD-an dengan sprinter J&T banyak hal yang saya tanyakan terkait sistem kerja perusahaan ekapedisi baru ini.

Saya putuskan untuk berbagi wawasan dengan sobat semua :D.

#Kecepatan J&T vs Rival.

Klaim kecepatan dalam pengiriman J&T memang bukan klaim semata, bukan juga mitos, apa rahasianya?

Hal ini saya tanyakan padanya,

“Gini mas, kecepatan pengiriman J&T sebenernya kurang lebih sama dengan JNE, cuma kelebihan kita terletak pada kecepatan sprinter.

Jadi, begitu paket datang baik satu, dua atau bahkan puluhan paket, sprinter langsung siap mengantar tanpa menunggu waktu (Setiap droppoint memiliki beberapa sprinter, dan setiap sprinter memiliki jatah antaran paket).

Dan seberapa jauhnya pun akan tetap di antar saat itu juga.”

Mana yang lebih cepat J&T vs JNE Yes? Saya bandingan dengan pengalaman ya… Saya pernah dikirimi dengan paket YES JNE dari Jakarta ke Riau kisaran 1 minggu baru sampai, pernah juga 5 hari-an

Dan J&T, kakak saya dari Jakarta ke Riau sampai dalam waktu 3 hari.

# Simpan kontak WhatsApp

Jika kita sudah mengenal sprinter, simpat kontaknya, suatu saat jika kita ingin mengirim lagi, tinggal hubungi, lebih praktis.

Dibanding dengan JNE, Tiki dan Pos Indonesia yang memiliki beberapa pilihan kelas pemgiriman, JNE ada paket Ok, Reguler & YES, Tiki ada Reguler & ONS, Pos Indonesia ada biasa, kilat & express.

Tapi J&T tidak ada pilihan, semua sama. Harga sama dan kecepatan sama.

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.

5 thoughts on “Menjajal J&T Express: Era Baru Layanan Ekspedisi

  1. Saya habis tanya-tanya, ternyata JNE juga ada sprinter-nya mas, tapi harus jadi super pelanggan dulu baru dapat layanannya.

    Keren nih J&T, belum pernah nyoba padahal ada agen <1Km dari rumah, hehe

    1. Nah itu syaratnya harus super pelanggan. Sementara di J&T bukan cuma berfungsi mengambil paket, tapi juga mengantarkan. Sistem kerja J&T lebih efektif dan efesien. Apalagi ada program bonus yang bisa dinikmati masing2 sprinter yang paling giat. Makasih sudah mampir mas @Ramdziana.

  2. jnt ahir2 ini susah di akses… ketika bisa di akses hanya melayani yg expres dulu kan ada yg ekonomi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *