Aplikasi Android Shorof: Tashrif Fiil Madhi, Fiil Mudhari’ & Fiil Amr

Saat belajar bahasa arab hal petama yang kita temui adalah isim dan fa’il, isim lebih banyak di nahwu dan fi’il lebih banyak dibahas pada sharaf.

Sharaf artinya perubahan, yang dimaksud adalah perubahan yang terjadi pada fi’il, gambarannya jika dalam bahasa inggris fiil adalah kata kerja alias verb, kata kerja dalam bahasa inggris, ada past (masa lalu, mantan biarlah berlalu), sekarang dan future (masa depan, istri kubawa cinta ini sampai mati). Begitu juga dalam bahasa arab ada yang telah lalu (فعل ماض), sedang terjadi/masa depan (فعل مضارع) dan perintah ( فعل أمر).

Misal kata kerja نصر (dia laki2 menolong), itu terjadi 14 perubahan untuk fiil madhi, 14 perubahan di fiil mudhari & 6 perubahan di fiil amr.

Yang susah adalah ketika kita ingin mengetahui perubahan pada kata kerja yang di dalamnya terdapat huruf ‘illah ( huruf و & ي) karena menentukan perubahan dalam kata kerja yang mengandung huruf ‘illah sering kali kita salah (bagi yang baru belajar bahasa arab), contoh:

Untuk fiil yang sahih bisa dengan mudah kita ketahui perubahannya karena tinggal melihat wazan فعل.

نصر  <==   فعل(baca: nashoro artinya dia laki2 telah menolong)

ينصر <==  يفعل(baca: yansuru artinya dia (laki2) sedang menolong

انصر <== افعل(baca: unsur Artinya tolonglah (laki2)
Sementara kata kerja yang ada huruf illahnya tidak bisa kita mengikuti wazan فعل karena dalam kaidah bahasa arab di beberapa keadaan huruf illah harus dibuang, seperti berikut:

قوي  <== فعل(baca: qowiya, artinya dia laki-laki kuat)

يقوى  <== يفعل(baca yaqwa, artinya dia laki2 sedang kuat) huruf ya’ tidak dibaca/ dimatikan fungsinya

اقو   <== افعل(baca: iqwa, artinya kuatlah kamu laki2) huruf illah ya dibuang.

Jumlah kata kerja sangatlah banyak, sementara ketika kita tidak tahu mencari rujukan perubahan kata kerja di kamus tidak lengkap, terlebih tashrif lughowi.

Aplikasi Tashrif Fiil Android.
Ketika saya cari-cari di internet, ternyata sangat susah menemukan website maupun pdf yang berisi kumpulan tashrif fiil-fiil, ternyata di play store android cukup banyak.

Diantaranya adalah aplikasi satu ini:

 Verba Arab Konjungsi

Ini ukurannya lumayan juga, 13 Mb.

Screenshoot

 

Dengan adanya aplikasi ini saya sangat terbantu, mencari tashrif fiil jauh lebih efesien, karena mencari di kamus pun belum tentu tersedia. Buat kamu yang lagi belajar bahasa arab apalagi shorof aplikasinya insyaallah sangat membantu.

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.

One thought on “Aplikasi Android Shorof: Tashrif Fiil Madhi, Fiil Mudhari’ & Fiil Amr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *