Cara Mendapat Skor Hijau Yoast SEO Readbility dan Seo

Para pengguna cms WordPress pasti akan tahu apa itu plugin SEO by Yoast atau Yoast SEO. Sebuah plugin keren untuk mengoptimasi situs agar tampil di halaman pertama di search engine seperti Google dan Bing, dan artikel kali ini adalah tentang bagaimana mendapat skor hijau yoast seo pada readbility dan seo.

Saya dulu saat awal kali menggunakan plugin SEO ini bingung, hanya bisa mencontek setting-an konstruksi Title & Metas dari beberapa website, sementara ketika menulis artikel, nilai SEO yang saya dapatkan selalu bed walau sudah saya cantumkan keywordnya. Belum lagi nilai Readbility bisa dibilang nilai terbaik yang pernah saya raih hanya not bad alias lampu kuning.

Setelah beberapa tahun, saya menyadari bahwa selama ini tak pernah menggunakan teknik menulis dan menggunakan keyword dengan benar. Dan akhirnya sedikit demi sedikit mengerti cara menulis sebuah artikel lebih baik dan cara mendapat skor hijau Yoast SEO baik readbility maupun SEO.

Berikut ini adalah catatan dari pengalaman yang saya tahu, bisa juga kamu pelajari tips-tips di website Yoast, salah satunya adalah 10 Tips for an awesome and SEO-Friendly blog SEO:

Mendapat Skor Hijau Yoast SEO

  1. Keyword yang tepat. Keyword yang tepat sangat menentukan bagaimana kita mendapatkan statistik pengunjung dari google, baik itu spesifik maupun lebih umum yang terpenting relevan dengan artikel. Jika ingin lebih baik ada tool seo bisa mencarikan keyword yang memiliki trafik tinggi di search engine, seperti Ahrefs (Berbayar) dan Ubersuggest (Free).
  2. Tulisan Organik, meskipun ini tidak terlalu berdampak pada skor Yoast, namun menulis postingan yang organik sangat mempengaruhi pencarian google. Gunakan kaidah dan struktur yang rapi pada tulisan kita, seperti paragraf dan sub judul.
  3. Menyisipkan Keyword pada judul, sub judul dan konten. Judul harus sesuai Keyword, dan dan pada konten sisipkan juga keyword jika memungkinkan pada paragraf pertama artikel. Namun tidak usah jika menyebabkan tulisan kita tidak enak dibaca dan justru membuat pengunjung bingung atau bosan, di tengah atau penghujung juga boleh. Sebab tujuan utama Seo bukan skor tapi kepuasan dan bertambahnya pengunjung.
    Cara Mendapat Skor Hijau Yoast SEO

    Sisipkankan keyword pada 3 tempat ini.

    cara mendapat skor hijau Yoast SEO

    Penerapan Keyword pada artikel

  4. Menyisipkan Keyword pada gambar. Pada gambar yang kita upload, sematkan keyword pada judul dan deskripsi gambar.
  5. Sisipkan keyword pada diskripsi meta/ meta description. Ini termasuk bagian penting untuk mendapatkan skor good pada Yoast.Cara Mendapat Skor Hijau Yoast SEO
  6. Gunakan slug pendek. Slug atau link artikel umumnya akan otomatis mengikuti judul artikel kita, jika judul panjang slug otomatis panjang, jika pendek maka slug juga pendek, namun slug yang pendek lebih disukai google dibanding slug panjang.
    Cara Mendapat Skor Hijau Yoast SEO

    Slug atau link artikel

Teknik Menulis: Skor Hijau Readbility pada Yoast SEO

  1. Minimal 300 kata. Menurut website Yoast.com, google sangat menyukai artikel panjang minimal 300 kata, dan coba sudahi bila sudah mencapai 700 kata, jumlah kata sekian sangat ideal dan mencegah pengunjung kecewa atas artikel yang terlalu singkat atau bosan dengan tulisan terlalu panjang.
  2. Jangan terlalu sering mengulang kata. Kadang kita yang belum terbiasa menulis, sering mangalami hal ini, kerap mengulang kata. Contoh kata paling sering diulang-ulang: yang, namun, tapi, karena. Jika kamu pemula, enjoy saja, tak perlu mengindahkan tips ini. Tapi tetap mencoba memperbaiki teknik penulisan agar pengunjung nyaman dengan tulisan kita.
  3. Sub Judul (Sub Heading). Dalam menulis, selain kita menulis konten yang berkwalitas, kita menulis terstruktur agar mudah dibaca pengujung. Sebab itu disetiap satu artikel harus ada sub judulnya, dan jangan lupa sub judul harus menggunakan H2.

    Sub judul menggunkan H2 agar mudah untuk membedakan antara konten dengan sub judul

Ini Hasilnya

Ini adalah hasil yang telah kita lakukan jjika sukses mengikuti langkah-langkah diatas, namun skor hijau bukan penentu blog kita akan mendapatkan ranking pertama pada pencarian google. Bukan pula penentu blog kita akan dibanjiri pengunjung. Yang jadi penentu justru adalah kualitas artikel yang kita tulis, serta kualias keyword yang ditentukan.

21
Leave a Reply

avatar
13 Comment threads
8 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
14 Comment authors
Yanita NurhasanahFajrinHamam AbidinWisnunoorita yulinda Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Sepenggal info
Guest

Terima kasih infonya gan.. Izin praktek langsung

hendrik
Guest

Tolog bantu mas…cara nulis judul menurut yoast. .. tak buat panjang… nanti sluknya terlalu panjang… tak buat pendek terlalu pendek…jd bingung mas

Nella (Emaknya Benjamin)
Guest

Setelah belajar sana sini saya mulai bisa bikin bulet hijau di artikel. Untuk Readbility setahu saya sih untuk artikel bhs Inggris, klo bhs Indonesia hanya bbrp artikel tiba2 muncul hijau Readbility nya.

darman
Guest

Saya coba kenapa masih ada yang kuning gan..

M Raja Hayatullah
Guest

saya sudah mencobanya , tapi tetap masih ada yang kuning, kenapa ya ?

Devandi Kurnia RA
Guest

Postingan yang menarik, semoga berhasil 🙂

Mesin Antrian
Guest
Mesin Antrian

Terimakasih atas informasinya dan semoga kedepannya makin sukses
Dan jangan lupa untuk mengupdatenya

WINMAHDI.COM
Guest

Tips yang sangat membantu dan bermanfaat, thanks.

Ulas
Guest

Terima kasih banyak gan

noorita yulinda
Guest
noorita yulinda

Ilmu baru nih, baru tau kenapa bolak-balik nulis artikel gak ada yang nyantol, makasih banget mas, semoga sukses!

Wisnu
Guest

Saya sudah nulis seperti langkah langkah di atas tapi kok yg readbility nya masih kuning ya? Coba di cek
https://weddingorganizersemarang.com

Fajrin
Guest

Skor saya sering hijau semua gan tanpa ada editing. Tapi kalau readiblity nya sempat warna kuning, susah ketemunya untuk jadi hijau.

Yanita Nurhasanah
Guest

Terima kasih infonya, semakin menambah pengetahuan saya perihal SEO Yoast.

%d blogger menyukai ini: