Intelektual Tak Orisinil, Karya Afi Nihaya Hasil Plagiat

Karya Afi Nihaya hasil plagiat

Jujur awalnya saya kira dek Afi Nihaya ini cukup keren dengan artikel-artikel yang menyuguhkan bahasa intelek. Walaupun secara pemahaman dan cara dia menghakimi orang yang tak sependapat terbilang ngawur. (pemahaman pluralisme)

Tapi ternyata, karya yang ia ciptakan dengan cara yang lebih ngawur, dia melakukan Plagiarisme, dan mencantumkan copyright namanya diatas karya orang lain. Mita Handayani adalah penulis asli dari apa yang diaku oleh dek Afi. Beberapa tulisannya seperti Warisan sudah dihapus, mungkin sengaja untuk mengindarkan dia dari hujatan, terlebih karena ideologi yang diurai tak sesuai dengan prinsip islam.

Omong kosong laku dijual media-media mainstream soal warisan, toleransi, pluralisme dengan mengusung bocah lugu asal Banyuwangi, Bupati Banyuwangi yang begitu bangga atas karya dek Afi tertipu, bahkan universitas sekelas UGM juga kecolongan.

Sejatinya tulisan-tulisan yang ia atas namanya dirinya adalah karya milik orang lain, entah benar-benar dek Afi jiplak seutuhnya atau sempat dia edit beberapa kata, tapi itu tetap disebut kelakuan plagiarisme.

Dan media mainstream yang menjunjung tinggi namanya seperti yang disebut pak Andi Riza, media itu juga yang akan membuatnya jatuh, lebih dari sekedar di kritik soal pemahamannya yang tidak benar, tapi akan dihujat karena aksi plagiatnya.

Kalo sudah di blow up media, maka fokusnya melenceng dari materi diskusi ke persoalan pribadi. Dari yang memperdebatkan isi opini, menjadi dicitrakan sebagai pihak yang teraniaya dan selalu benar, yang mengkitik adalah pihak yang salah. Anak ini akan terus diprovokasi untuk menulis opini demi opini yang sesuai dengan pendapat pendukungnya, tidak diberi kebebasan untuk melihat dari sudut pandang lain, karena pihak lain yang berseberangan diasumsikan sebagai pihak yang jahat. Semua hal dipoles seperti Artis di dunia Entertainment, diobok2 masalah pribadinya dan di tonjolkan sisi humanisnya, sayangnya biasanya kemudian dijatuhkan dengan gosip.

Andi Riza

Berkenaan bukti-bukti plagiarisme yang dilakukan oleh adek Afi Nihaya sudah banyak beredar, salah satunya adalah ini:

Bukti-bukti Afi Nihaya Faradisa Ternyata Seorang Plagiat

Semoga dek Afi kembali jalan pemikiran yang benar, islam sangat mengenal toleransi jauh dibanding agama-agama lainnya, islam juga plural, amat sesuai dengan ke bhinekaan, tapi islam bersikap keras terhadap pluralisme. Pluralisme hanyalah omong kosong orang yang tak memahami agama, jika beragama hanya subtansinya, Allah tak akan memerintahkan nabi-Nya sholat puasa zakat dll.

sumber gambar: kompas

About Hamam Abidin

Ngeblog adalah hobi paling mengasyikkan sejak saya kenal internet. Menulis di blog lebih bermakna ketimbang menulis status di facebook.

3 thoughts on “Intelektual Tak Orisinil, Karya Afi Nihaya Hasil Plagiat

  1. Oh….saya baru tahu kalau tulisannya ternyata hasil plagiat. Tadinya saya mengira dia hanya dititipi tulisan oleh orang dewasa disekitarnya. tetapi karena di media dia mengatakan habi membaca sejak kecil, akhirnya sy percaya. tp kok ternyata ….
    terimakasih atas informasinya mas Hamam

    1. Sama2 bu, kasus ini mungkin mirip dengan Malala Yousafzai dari pakistan yang diduga tulisan-tulisan kritisnya milik ayahnya yang merupakan politisi. Cuma Afi sudah terbukti telak, dan Malala tidak terbukti.

      Dibollow-up media dan dijadikan ikon wanita modern sebagai muslim moderat, tapi sayang kali ini mereka salah orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *